Saturday, June 04, 2005

kontroversi windows vs. linux

udah lama gak ngeblog nih, hehehe...
Jadi sekarang lagi rame banget yang ngomongin soal sweeping Windows bzw. open source, terutama di milis alumni TF paling heboh soal beginian. tapi kebanyakan cuma diskusi ini itu gak ada ujung, tetep aja masih pake software bajakan :P
Padahal sebenernya sih gampang aja, yang perlu diinget adalah kalo pembajakan itu adalah ilegal, jadi siap2 aja sama sanksi hukumnya. Kalo emang punya duit, ya belilah license Windows, beserta software2 lainnya, kayak Office, Media Player, juga Antivirus. Kalo mau dengerin musik sekarang juga udah banyak yang jualan online, satu lagu paling 1-2 euro. Kalo mau nonton film juga gitu, kalo gak mau keluar duit di bioskop, ya sewa aja DVD, seharian paling juga kenanya 2 Euro.
Kalo gak mau keluarin duit buat beli Windows ama software2 lainnya (contohnya gw :D), ya pake aja yang gratisan, misalnya di rumah pake Linux, atau pake aja komputer yang ada di kampus, yang udah lengkap ama program2 yang diperluin buat kuliah, baik di Unix juga di Windows.
Yang bikin berat sebenernya cuma satu... M.A.L.E.S buat mengubah kebiasaan, dari yang satu ke yang lain. Padahal kalo udah biasa make Linux doang, malah kalo make Windowsnya yang kerasa aneh, kayak gw sekarang :P

...to be continued. (ada yang mau nraktir jam 6 ceritanya nih :)

1 Comments:

At 5:38 AM, Blogger D. S. said...

alesannya bukan males kok .. di satu sisi karena memang barang2 itu terlalu dimonopoli dan dikapitalisasi sehingga sedemikian mahal ... contoh .. matlab... semua butuh .. mau pake versi linux,ampe sekarang gak jalan dan versinya jauh tertinggal , pake di kampus,apa kampus mau nongkrongin g ampe jam 1 pagi? so .. bukan karena males kan?

 

Post a Comment

<< Home