Wednesday, April 27, 2005

bola melayang

bukan sihir bukan pula sulap, hehehe...




Gambar ini adalah percobaan ke-10 dari Labor ENT-AUT (Praktikum Teknik Energi dan Teknik Automasi) yang bakal gw asisteni semester ini. Judul percobaannya "Schwebung einer Kugel im Magnetfeld" bisa diartikan pelayangan (bukan layang-layang) bola dalam medan magnet.
Modul praktikum ini dimulai dari modelling dan identifikasi, teorema sampling dan aliasing, sampai perancangan pengontrol PID dengan metoda WOK (Root Locus Diagram).
Secara teoritis percobaan ini sangat gampang, mungkin hanya perlu waktu sekitar 2 jam untuk keseluruhan 7 tugas yang harus dikerjakan. Tentu saja kalau para praktikannya sudah mempersiapkan diri dengan baik di rumah.

Hari senin yang lalu, masih ada beberapa tugas yang belum berhasil. Tapi hari ini semuanya udah beres. Terutama tugas terakhir yaitu mengetest pengontrol PID. Awalnya bingung juga kok si bolanya langsung nempel ke inti besi magnetnya, ternyata triknya tuh si bola besinya dinaikkan perlahan2 dari bawah sampai dia berada pengaruh di medan magnet. Pas bolanya berhasil ngawang-ngawang langsung kegirangan sendiri hehehe... terus difoto deh pake handy :P

Mudah-mudahan aja nanti waktu ngasistenin beneran semuanya berjalan lancar dan cepat, jadi bisa cepat pulang juga.. :)