Tuesday, January 24, 2006

hitam di atas putih

Baru sekarang kerasa benar pentingnya untuk betul-betul baca kontrak yang kita tanda tangani.

Dulu, pertama kali gw sampai di Kaiserslautern, dijemput oleh beberapa orang Indonesia yang kebetulan juga kakak angkatan gw di ITB. Dari bahnhof (stasium kereta) jalan kaki kita sama-sama menuju apartemen yang sudah mereka carikan sebelumnya. Begitu sampai, gw langsung liat kamarnya dan mau gak mau langsung tanda tangan kontrak, karena emang gak ada pilihan lagi tinggal dimana. Boro-boro mau baca isinya, si Hausmeister-nya ngomong apa, gw gak jelas banget. Jadilah gw terikat untuk dua tahun tinggal disana.

Ehh dua hari kemudian ada teman yang bilang kalau tetangganya di Alcatraz lagi cari Nachmieter (orang pengganti), bayarnya all inclusive dan udah termasuk internet cuma sekian Euro... Sedangkan gw kalo mau masang internet disini mesti bayar 100 euro dulu buat ngedapetin IP-Addressnya. Damn...

OK, gak apa2, ambil hikmahnya aja, tempat tinggal gw lebih deket ke Bahnhof, deket ke kota, jadi kalo mau jalan2 dan belanja lebih enak. Ya udah lama-lama gw juga betah tinggal disini sampe sekarang. Karena peraturannya kalau mau keluar, mesti bilang 3 bulan sebelum kontraknya abis jadinya dari awal2 banget, masih bulan november gw datengin lagi Hausmeisternya. Karena gw masih butuh waktu beberapa lama lagi untuk menyelesaikan tesis, jadinya males banget kalo pindah cuma buat beberapa bulan doang, akhirnya gw bilang kalo kontraknya mau diperpanjang sampai akhir juni. Si Hausmeisternya dengan muka ramah bilang "ohh iya gak apa-apa". Terus gw tanya lagi, "jadinya segitu aja?". "Iya". OK, jadi menurut gw urusan selesai, gw ga usah mikirin apartemen lagi.

Minggu yang lalu, gw chatting ama temen yang dulunya tinggal di gedung yang sama. Katanya uang jaminan dia dipotong 8x25 euro karena dia memperpanjang kontraknya cuma 8 bulan bukannya 1 tahun. Dia juga bilang kalo pas dia mau ganti kontrak gak dikasih tahu apa-apa, eh tahu2nya uang jaminan yang dibalikin cuma 100 euro. Dalihnya, di kontrak kan ada, salah sendiri kamu gak baca. Sialan banget gak sih ??? Dan itu udah kejadian ke beberapa orang sebelumnya, jadi gw gak mau dong jadi korban berikutnya. Akhirnya kemaren gw datengin lagi Hausmeisternya nanyain apa gw mesti bayar juga karena dia gak bilang apa-apa. Karena gw ngotot gak mau bayar, dan bilang itu salahnya dia gak ngasih tahu gw (sebenernya sebagian salah gw juga, misunderstanding isi kontraknya) akhirnya gw mesti cabut dari sini 1 maret depan. Di satu sisi gw lega karena gak kena jebakan 100 euro, tapi bete juga karena mesti cari kamar baru dalam waktu sebulan doang. Doain gw biar dapet kamar baru ya....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home