Monday, September 12, 2005

resep roti goreng / donat


buat lulu ama faisal, ini dia resep roti goreng yang kemaren (sebenernya ini resep donat)



nb: ini foto baru, roti goreng isi selai cranberry :)



Bahan :

500 gr terigu
1 bungkus (7 gr) Ragi roti/Yeast/Hefe kering (ket. liat di bawah)
75 gr margarin, lelehkan
4 kuning telur
3 sdm gula pasir
200 ml susu hangat
sedikit garam

Cara membuat :

tepung dicampur dengan yeast dalam mangkok besar.
hangatkan susu, masukkan margarin dan gula pasir.
buat lobang ditengah tepung, tuangkan susu.
masukkan kuning telur dan sedikit garam.
aduk dengan tangan sampai rata dan tidak lengket.
diamkan adonan di tempat hangat min. 1 jam sambil ditutup lap.
kalau sudah mengembang, bagi2 adonan, masing2 dipipihkan lalu diisi coklat dan keju didalamnya, bulatkan, lalu digoreng dalam minyak panas.
kalau mau dibikin donut, gak usah diisi coklat, tapi setelah digoreng ditaburi gula halus.

ok, kalo udah jadi bagi2 ke gw ya? hehehe....

footnote:
tentang ragi roti (yeast)
Yeast yang dipakai disini adalah ragi kering (dry yeast), berbentuk seperti granulat yang warnanya coklat muda. Tentu saja bisa digantikan oleh ragi segar (fresh yeast) yang bentuknya padat, takarannya 1/2 kotak ragi segar (sama dengan 1 bungkus ragi kering) dipakai untuk 500 gr terigu. Biasanya di bungkus yeast yang dijual dituliskan takarannya yang sesuai. Kelemahan fresh yeast ini adalah kurang tahan disimpan lama dibandingkan dry yeast(bisa sampai setahun). Namun harganya lebih murah. Kalau mau lihat foto2 berbagai macam ragi bisa lihat di link ini.

8 Comments:

At 5:25 AM, Anonymous alip said...

wah istri gw bilang susah resep elu joo..., dia kusuruh training aja deh ke elu, kalo elu udah di indo lagi ya ...

 
At 8:05 AM, Anonymous ricardo said...

mantap banget nih bos web resepnya, sangat membantu kita yang ingin berkreasi dengan masakan terutama pada saat puasa dan menjelang Natal ini

 
At 8:06 AM, Anonymous ricardo said...

mantap banget nih bos web resepnya, sangat membantu kita yang ingin berkreasi dengan masakan terutama pada saat puasa dan menjelang Natal ini

 
At 7:10 PM, Anonymous bangari said...

boleh minta resepnya neng ?

buat istriku yang lagi bengong di rumah biar ada kerjaan ... he he he

makasih sebelumnya resepnya !

 
At 6:14 PM, Anonymous sajadah anak said...

makasih mba resepnya, mau tak cobain buat bekel annaku...

 
At 5:25 PM, Blogger Eddy said...

Kalau pakai mixer taiwan kami pasti lebih cepat kembang kocokan telur dan tepung pun lebih banting sehingga cepat kalis.
kunjungi website saya :
http://www.breadtool.blogspot.com/

terima kasih dan sukses!!

 
At 3:31 PM, Blogger salim said...

numpang

 
At 3:36 PM, Blogger salim said...

gimana caranya yach bikin aku k tetep g bisa

 

Post a Comment

<< Home