Friday, December 15, 2006

Mango chutney

Resep Mango Chutney
(terinspirasi dari makanan di restoran Lahore :)

Bahan:
1 buah mangga, jangan yang terlalu lunak (kurleb 470 gr, harga 49 cent).
3 buah bawang bombay yang kecil, beratnya kira2 150 gr.
200 gr gula
1/2 sdt garam
cuka 3 sdm, lalu encerkan dengan 1/4 cangkir air

Cara Membuat:

Mangga dikupas, lalu dipotong kecil2 sekali, atau diblender tapi jangan terlalu halus kayak pulp/bubur. Bawang dikupas dan dirajang kotak kecil2 sekali.
Masak kedua bahan ini di panci (kalo bisa yang anti lengket), sambil diaduk-aduk.
Kalau sudah panas, masukkan gulanya, kemudian air cuka dan sedikit garam.
Campuran mangga ini akan cepat sekali mendidih dan meletup-letup, oleh karena itu jangan berhenti ngaduknya. Setelah 5 menit, matikan kompornya atau kalo bukan pakai kompor listrik kecilkan apinya. Aduk terus-terus sampai adonan tidak meletup lagi, 10-15 menit kali ya...

Siapkan botol/toples kaca bekas selai atau yang baru juga boleh, cuci bersih, lalu rendam (tutupnya juga, kalo bisa terpisah ngerendamnya) di air mendidih 5-10 menitan. Angkat dan masukkan selai yang masih panas sampai penuh. Tutup segera dan balik botolnya sampai dingin. Kalau sudah dingin baru disimpan di kulkas. Dengan cara ini chutney akan tahan lama (belum tahu berapa lama, skr sih udah 1 minggu).


Mango chutney ini kemudian bisa dibumbui lagi kalau akan dihidangkan. Agar pedas, ambil 3-4 sendok chutney, tambahkan 1 cabe merah tanpa biji yang sudah diiris halus, dan merica yang baru ditumbuk. Pengen yang segar, tambahkan rajangan daun mint atau daun koriander. Variasi lain pakai 1/2 sdt Kümmel/Adas yang masih utuh.


Enaknya kalo menemani yang digoreng2 atau yang dipanggang dan digrill. Asem-manis-seger...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home