Wednesday, April 04, 2007

Lentil (Linsen)

Lentil (bahasa jerman: Linsen) adalah sejenis tumbuhan polong yang kaya akan serat, vitamin B dan protein. Bisa dikatakan sebagai kedelai-nya orang-orang Timur Tengah seperti Mesir, Maroko dan Turki. Saat ini negara-negara di Eropa juga sudah menanam sendiri lentil di negaranya. Lentil sering dimasak menjadi sup kental, kadang-kadang disediakan juga di tempat menjual Döner Kebab, bisa juga dicampurkan dalam adonan perkedel daging atau campuran nasi. Di Jerman yang sedang trend dengan diet dan makanan rendah lemak, lentil sering dijadikan campuran dalam salat.

Gambar: Lentil merah, kuning, dan coklat.(This picture is taken from www.biologie.de)

Ada banyak sekali jenis lentil, selain yang ada di gambar di atas, ada lagi Teller Linsen yang warnanya kehijauan, Le-Puy-Linsen dan Belugalinsen yang warnanya agak hitam.



Sebagai penutup, silakan dicoba resep Sup Lentil Daging ini. Sudah sering dicoba dan sangat gampang. Biasanya gak pake takaran bikinnya...

Resep Sup Lentil Daging


Bahan:
Lentil Merah 200 gram
Daging cincang 100 gram (bisa juga diganti sosis)
Bawang bombay sedang 1 buah, potong kecil2
Bawang putih 2 siung, geprak, potong kecil2
Daun bawang dan seledri

Cara membuat:
Rebus lentil dalam air secukupnya hingga lunak. Biasanya kalo pake presto tunggu sampai mendesis lalu matikan kompor, biarkan pancinya diatas kompor yang masih panas sampai tekanannya turun, nanti pas dibuka lentilya sudah jadi bubur. Kalau gak pakai presto, lihat pada kemasan lentil berapa lama harus direbus.
Habis itu, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum, lalu masukkan daging / sosis, tumis sampai daging matang.
Masukkan daging ke bubur lentil, aduk rata, beri garam, merica, 1/2 sdt cabe kering (bila suka agak pedas). Beri air secukupnya kalau terlalu kental. Kalau akan dihidang, taburi dengan irisan daun bawang & seledri.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home